Kamis, 11 Januari 2018

Badan Keamanan Internet Indonesia Telah Bergabung

Badan Keamanan Internet Indonesia Telah Bergabung

Kemkominfo saat ini tengah dalam masa transisi pemindahan berbagai hal yang berhubungan dengan keamanan internet kepada Badan Siber dan Sandi Nasional. Untuk Dokumentasi dan standarisasi mengenai segala sektor keamanan siber saat ini masih dalam masa peralihan ke BSSN.
Selain itu BSSN juga dibentuk atas Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 133 Tahun 2017 mengenai perubahan atas Perpres Nomor 53 Tahun 2017 tentang BSSN. Terlebih lagi perpres ini juga sudah ditandatangani oleh Presiden Jokowi pada 16 Desember 2017.
Untuk lembaga yang dipimpin oleh Djoko Setiadi ini tengah bertugas mendeteksi dan mencegah kejahatan siber demi menjaga keamanan siber secara efektif dan efisien.
Indonesia Security Incident Response Team on Internet and Infrastructure alias Id-SIRTII yang sebelumnya berada di bawah kewenangan Kemkominfo nantinya juga akan dilebur menjadi satu dari BSSN.
"Soal keamanan sudah dipindahkan ke BSSN, sekarang masih dalam masa transisi. Namun, Mei tahun ini sudah harus pindah semua. Id-SIRTII yang diampu oleh Kemkominfo secara bertahap juga harus pindah, sehingga kita selalu bisa terhindar dari kemungkinan insiden keamanan (di internet)," seperti itulah yang diungkapkan oleh Rudiantara.
Nantinya untuk segala perlengkapan dari keamanan siber yang berada di Kemkominfo juga akan dipindahkan ke BSSN. Untuk itulah badan Kemkominfo saat ini tengah menyiapkan berbagai dokumentasi dan standarisasi untuk berbagai sektor penting.

Prioritasnya saat ini adalah sektor keuangan perbankan. Sektor lainnya yang dianggap sangat penting dan rentan ialah transportasi khususnya transportasi udara, energi dan kesehatan.
Sumber: Infomenarik

Disclaimer: Gambar, artikel atau video yang ada di web terkadang berasal dari berbagai sumber media lainnya. Hak cipta sepenuhnya dimiliki oleh sumbernya. Jika ada masalah dengan masalah ini, Anda bisa menghubungi